Tiga Air Terjun dan Pengamatan Satwa di Coban Trisula

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) memiliki banyak obyek wisata alam. Salah satunya adalah air terjun di Coban Trisula yang berada di ketinggian 1.700 meter diatas permukaan laut (mdpl).


Disebut Coban (air terjun) Trisula karena terdiri dari 3 air terjun yang terbentuk dari satu aliran Sungai Lanjing. Coban atau air terjun pertama, ketinggiannya 35 meter. Di bawahnya, ada air terjun kedua memiliki ketinggian 2,5 meter. Ada kolam penampungan di air terjun kedua ini. Sedangkan air terjun ketiga dengan ketinggian sekitar 11 meter.

Tidak itu saja, bagi pecinta satwa, kawasan ini juga bisa menjadi lokasi pengamatan satwa langka. Seperti elang jawa, elang bido, elang brontok, elang hitam, lutung dan bahkan macan tutul.

“Macan tutul biasanya terlihat saat petang hari, terutama selepas magrib. Ini menunjukkan ekosistem di Coban Trisula masih bagus,” kata Toni Artaka, Petugas Pengendali Ekosistem Hutan Balai Besar TNBTS, Jumat (24/10/2014).

Jika ingin melakukan pengamatan terhadap elang, Toni menyarankan pengunjung datang sekitar pukul 08.00 – 10. 00 atau pukul 14.00 – 16.00. Pada jam – jam tersebut elang mudah dilihat terbang di angkasa mencari mangsa.

Hasil pengamatan BB TNBTS pada awal Agustus silam, terpantau 8 ekor elang bido serta 7 ekor elang jawa. Namun untuk mengamati elang, pengunjung disarankan membekali diri dengan teropong agar bisa melihat dengan jelas. Lantaran sulit melihat secara utuh elang hanya dengan mata telanjang.

“Tapi mengamati satwa langka itu seperti adu keberuntungan, harus bersabar. Kalau beruntung, tidak butuh waktu lama pasti bisa melihat elang di sarangnya atau saat sedang terbang,” urai Toni.

Untuk lutung jawa, diketemukan ada 4 kelompok yang setiap kelompok berjumlah 18 – 26 ekor. Kera ekor panjang juga bisa dijumpai di kawasan ini. “Coban Trisula ini juga bisa menjadi pendidikan konservasi bagi pengunjung,” ungkap Toni.

Coban Trisula terletak di pintu masuk TNBTS dari arah Kabupaten Malang. Secara administrative pemerntahan, kawasan ini masuk Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Jadi, bila anda berkunjung ke TNBTS melalui Malang, tidak ada salahnya singgah untuk menikmati Coban Trisula.

Komentar

  1. Idenya sangat inspiratif. Terima kasih dan salam kenal.
    Tolong kunjungi balik web saya http://audisimitrapengusaha.com

    BalasHapus

Posting Komentar