Dua Paket Paralayang di Gunung banyak

Belum pernah mencoba bermain paralayang, dan ingin bermain secara aman, siapapun bisa mencoba. Datang ke gunung Banyak, karena ada dua paket yang disiapkan yakni tandem dan pendidikan.

Gunung Banyak memiliki ketinggian sekitar 1300 diatas permukaan laut (dpl). Di gunung yang sebagian diantaranya masuk wilayah Pujon, Kabupaten Malang dan sebagian lagi masuk wilayah Kota Batu ini lah salah satu tempat paralayang terbaik. Baik bagi yang sudah profesional ataupun masyarakat awam yang ingin coba-coba dan belajar. Seseorang yang ingin bermain paralayang di gunung Banyak, bisa datang langsung di puncak gunung yang bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat atau roda dua ini. Biasanya, ada beberapa orang pemain profesional setempat yang juga memiliki klub paralayang berjaga diatas puncaknya. Atau bila enggan datang ke puncak gunung, bisa juga dengan mengunjungi Dinas Pariwisata (Disparta) selaku pengelola arena paralayang ini.


Taufik, salah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Disparta yang juga bergabung dalam Elang Paragliding Kota Batu menuturkan, secara umum ada dua paket yang disiapkan bagi siapapun yang ingin bermain paralayang. ”Secara keseluruhan hanya ada dua paket, harga setiap paket pun relatif sama bila bermain lewat klub atau asosiasi paralayang manapun di Kota Batu,” tuturnya. Paket pertama yang disiapkan adalah paket tandem dengan harga Rp 300 ribu untuk sekali terbang dengan durasi waktu sekitar 15 menit-20 menit. Paket tandem ini yakni antara seorang pemain yang ditandemkan dengan seorang pembimbing. Pemain duduk dibagian depan, sementara pembimbing persis dibelakang. Fasilitas yang diberikan untuk paket ini adalah welcome drink dan perangkat paralayang yang aman dengan bimbingan seorang instruktur. ”Tandem biasanya untuk seseorang yang ingin merasakan sensasi terbang di udara tanpa ingin belajar terlebih dahulu,” tutur Taufik. Sementara untuk paket pendidikan, harganya cukup mahal yakni Rp 5 juta. Namanya juga paket pendidikan, maka yang ingin mengambil paket ini wajib mengikuti pendidikan di beberapa klub yang ada. Misalnya di klub Elang Paragliding, Bintang paragliding, dan klub-klub lainnya yang ada di Kota Batu. Waktu yang harus ditempuh untuk pendidikan ini sendiri setidaknya selama seminggu untuk teori dalam ruangan dan wajib diikuti secara kontinyu. Tempat pendidikan sendiri ada di wilayah Bumiaji yang saat dalam kondisi bagus, disertai sedikit praktek kecil di lapangan Bumiaji bisa terbang dengan ketinggian antara 1 meter-2 meter. Selanjutnya setelah teori selama seminggu, peserta bisa menempuh praktek lapangan atau terbang. Praktek lapangan ini ditempuh selama 40 kali penerbangan seorang diri setelah dinyatakan lulus teori di ruangan. ”Untuk teori selama seminggu penuh wajib diikuiti, tapi kalau praktek terbang bisa diambil kapan pun peserta mau. Bisa setiap hari, atau sesukanya asal tetap 40 kali penerbangan,” jelas Taufik. Peserta sendiri sudah dibekali dengan standar safety permainan sebelum diizinkan terbang. Kalau pun dirasa kurang mahir, maka pilihannya ada di tandem dengan pembimbing. ”Itu standar keamanan yang digunakan,” katanya. Pengunjung atau pemain paralayang di gunung Banyak sendiri menurut Taufik paling ramai saat Sabtu-Minggu. Terutama saat cuaca cerah dengan tekanan angin yang cukup bersahabat. Paling sepi, seidaknya ada 3 orang pemain paralayang di gunung Banyak saat akhir pekan.

Komentar

  1. Kami salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa percetakan, ingin menawarkan kerjasama dalam pemenuhan kebutuhan percetakan perusahaan/usaha anda. Kami sangat terbuka untuk berkonfirmasi dan memberikan keterangan sesuai dengan kebutuhan percetakan anda. Berikut ini kami tawarkan beberapa jenis penawaran yang kami sediakan untuk anda, seperti:

    BROSUR, KARTU NAMA, SPANDUK, KAOS, PAMFLET, POSTER, UNDANGAN, STICKER, DLL….



    office :
    Jl. Bhima Sakti 16 Malang
    Telp. (0341) 582 032 / (0341) 5425754
    Email : www.professional-advertising.blogspot.com/

    BalasHapus

Posting Komentar